"Karena buku dan kata-kata adalah jendela segala rasa"
“Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya”
"Perjalanan sejauh 1000 mil dimulai dengan 1 langkah"
 

DASAR-DASAR PEMROGRAMAN JAVA

Sabtu, 16 November 2013


 DASAR-DASAR PEMROGRAMAN JAVA

1.   Tujuan
a.   Memahami konsep ADT (Abstract Data Type)
b.   Memahami Class dan Object
c.   Memahami Kata-kata kunci (keyword) dan operator-operator pada Java

2.   Dasar Teori

·   ADT merupakan kumpulan dari elemen-elemen  data  yang  disajikan
       
dengan satu set  operasi  yang  digambarkan pada elemen-elemen data
       
tersebut
·   Keyword merupakan identifier khusus yang sudah disediakan oleh Java
       
untuk tujuan tertentu.

3.   Tugas Pendahuluan
1.   Apa yang dimaksud dengan kelas dan object. Berikan contoh
2. Apa yang dimaksud dengan Java literal, tipe data primitif, tipe variabel,
       
identifier dan operator. Berikan contoh

4.   Praktikum
Percobaan 1a. Program class Mobil ; Package Mobil_1
package Mobil_1;
public class Mobil {

private String Warna;
private int Jumlah_Pintu;
private double Isi_Tangki;
public Mobil() {
                super();
}

public Mobil(String warna, int jumlah_Pintu, double isi_Tangki) {
                super();
Warna = warna;
Jumlah_Pintu = jumlah_Pintu;
Isi_Tangki = isi_Tangki;
}

public String getWarna() {
                return Warna;
}
public void setWarna(String warna) {
                Warna = warna;
}
public static int Maju(int maju) {
                int majukedepan = 0;
majukedepan = majukedepan + maju; return (majukedepan);
}

public int Mundur(int mundur) {
                int mundurbelakang = 0;
mundurbelakang = mundurbelakang + mundur; return (mundurbelakang);
}

public int getJumlah_Pintu() {
                return Jumlah_Pintu;
}
public void setJumlah_Pintu(int jumlah_Pintu) {
                Jumlah_Pintu = jumlah_Pintu;
}
public double getIsi_Tangki() {
                return Isi_Tangki;
}
public void setIsi_Tangki(float isi_Tangki) {
                Isi_Tangki = isi_Tangki;
}
}
Percobaan 1b. Program class TestDrive1; package Mobil_1 package Mobil_1;
public class TestDrive1 {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Mobil maju sejauh " + Mobil.Maju(25) + "
meter");
}
}

Percobaan 2a. Program class Mobil, package Mobil_2
package Mobil_2;
public class Mobil {
public String Warna;
private int Jumlah_Pintu;
private double Isi_Tangki;

public Mobil() {
super();
}
public Mobil(String warna, int jumlah_Pintu, double isi_Tangki) {
                super();
Warna = warna;
Jumlah_Pintu = jumlah_Pintu;
Isi_Tangki = isi_Tangki;
}

public String getWarna() {
                return Warna;
}

public void setWarna(String warna) {
                Warna = warna;
}
public int Maju(int maju) {
int majukedepan = 0;
majukedepan = majukedepan + maju; return (majukedepan);
}
public int Mundur(int mundur) {
                int mundurbelakang = 0;
mundurbelakang = mundurbelakang + mundur; return (mundurbelakang);
}
public int getJumlah_Pintu() {
                return Jumlah_Pintu;
}

public void setJumlah_Pintu(int jumlah_Pintu) {
                Jumlah_Pintu = jumlah_Pintu;
}

public double getIsi_Tangki() {
                return Isi_Tangki;
}
public void setIsi_Tangki(float isi_Tangki) {
                Isi_Tangki = isi_Tangki;
}
}

Percobaan 2b. Program class TestDrive2, package Mobil_2


package Mobil_2;
public class TestDrive2 {
public static void main(String[] args) {
                Mobil mobilku = new Mobil();
                mobilku.Warna = "merah";
                System.out.println
("Mobilku yang berwarna " + mobilku.Warna + " mundur
sebanyak " + mobilku.Mundur(15) + " meter");
}
}


Percobaan 3a. Program class Mobil, package Mobil_3
package Mobil_3;
public class Mobil {
private String Warna;
private int Jumlah_Pintu;
private double Isi_Tangki;

public Mobil() {
super();
}
public Mobil(String warna, int jumlah_Pintu, double isi_Tangki) {
                super();
Warna = warna;
Jumlah_Pintu = jumlah_Pintu;
Isi_Tangki = isi_Tangki;
}

public String getWarna() {
                return Warna;
}
public void setWarna(String warna) {
                Warna = warna;
}
public int Maju(int maju) {
int majukedepan = 0;
majukedepan = majukedepan + maju;

return (majukedepan);
}
public int Mundur(int mundur) {
                int mundurbelakang = 0;
mundurbelakang = mundurbelakang + mundur; return (mundurbelakang);
}
public int getJumlah_Pintu() {
                return Jumlah_Pintu;
}
public void setJumlah_Pintu(int jumlah_Pintu) {
                Jumlah_Pintu = jumlah_Pintu;
}

public double getIsi_Tangki() {
                return Isi_Tangki;
}
public void setIsi_Tangki(float isi_Tangki) {
                Isi_Tangki = isi_Tangki;
}
}

Percobaan 3b. Program class TestDrive3, package Mobil_3

package Mobil_3;
import Mobil_3.Mobil;


public class TestDrive3 {
public static void main(String[] args) {
Mobil mobil_Adi = new Mobil("Merah", 4, 7.5); System.out.println
("Mobilku yang berwarna " + mobil_Adi.getWarna() +
" maju sebanyak " + mobil_Adi.Maju(125) + " meter" + " dan
menghabiskan bensin " + mobil_Adi.getIsi_Tangki() + " liter bok!");
                }
}

0 komentar:

Posting Komentar

My Followers

Search