"Karena buku dan kata-kata adalah jendela segala rasa"
“Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya”
"Perjalanan sejauh 1000 mil dimulai dengan 1 langkah"
 

BASIC CONFIGURATION

Minggu, 17 November 2013


Basic Configuration pada Windows XP pada kali ini meliputi :

a.       Konfigurasi IP Address
b.      Scanner IP Address
c.       Sharing
d.      FTP (File Transfer Protocol)

        Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka binerantar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer hostdalam jaringan  Internet. Panjang dari angka ini adalah  32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut padajaringan Internet berbasis TCP/IP. Protokol yang menjadi standar dan dipakai hampir olehseluruh komunitas Internet adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Agar komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya, maka menurut aturan TCP/IP,komputer tersebut harus memiliki suatu  address yang unik. Alamat tersebut dinamakan IP  address. Yang penting adalah bahwa untuk berkomunikasi di Internet, komputer harusmemiliki IP  address yang legal. Legal dalam hal ini artinya adalah bahwa alamat tersebutdikenali oleh semua  router di dunia dan diketahui bahwa alamat tersebut tidak adaduplikatnya di tempat lain. IP  address legal biasanya diperoleh dengan menghubung InterNIC.

            Adapun range IP dan Subnet Mask Defalut yang bisa kita gunakan adalah :
  • Karakteristik IP Kelas A 
Format : 0NNNNNNN.HHHHHHHH.HHHHHHHH.HHHHHHHH.Bit Pertama NetworkID : 8 bit. HostID : 24 bit.Bit Pertama : 0 -127.Jumlah : 126 (untuk 0 dan 127 dicadangkan).Range IP : 1.x.x.x – 126.x.x.x.Jumlah IP : 16.777.214.Misalnya IP address 120.31.45.18 maka.Network ID = 120.HostID = 31.45.18.Jadi IP di atas mempunyai host dengan nomor 31.45.18 pada jaringan 120
·         IP address kelas B terdiri dari 16 bit untuk network ID dan sisanya 16 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas B digunakan untuk jaringan dengan jumlah host tidak terlalu besar. Pada 2 bit pertama berikan angka 10 sehingga bit awal IP tersebut mulai dari 128 – 191.
  • Karakteristik IP Kelas B
Format : 10NNNNNN..NNNNNNNN.HHHHHHHH.HHHHHHHH Bit Pertama : 10 NetworkID : 16 bit HostID : 16 bit Bit Pertama : 128 -191 Jumlah : 16.384 Range IP : 128.1.x.x – 191.155.x.x Jumlah IP : 65.532 Misalnya IP address 150.70.45.18 maka Network ID = 150.70 HostID = 60.56 Jadi IP di atas mempunyai host dengan nomor 60.56 pada jaringan 150.70
·         IP address kelas C terdiri dari 24 bit untuk network ID dan sisanya 8 bit digunakan untuk host ID, sehingga IP address kelas C digunakan untuk jaringan untuk ukuran kecil. Kelas C biasanya digunakan untuk jaringan Local Area Network atau LAN. Pada 3 bit pertama berikan angka 110 sehingga bit awal IP tersebut mulai dari 192 – 223.
  • Karakteristik IP Kelas C
Format : 110NNNNN.NNNNNNNN.NNNNNNNN.HHHHHHHH.Bit Pertama : 110 NetworkID : 24 bit.HostID : 8 bit.Bit Pertama : 192 – 223.Jumlah : 16.384.Range IP : 192.0.0.x.x – 223.255.255.x.x.Jumlah IP : 254 IP.Misalnya IP address 192.168.1.1 maka.Network ID = 192.168.1.HostID = 1.Jadi IP di atas mempunyai host dengan nomor 1 pada jaringan 192.168.1
·         Kelas IP address lainnya adalah D dan E, namum kelas IP D dan E tersebut tidak digunakan untuk alokasi IP secara normal namum digunakan untuk IP multicasting dan untuk experimental.
Tools jaringan adalah command yang bisa digunakan untuk operasional dan maintenance jaringan. Berikut beberapa tools yang paling sering digunkan untuk maintenance jaringan :
  • Ipconfig 
Digunakan untuk mengecek Ip address komputer yang digunkan
  • Ping
Digunakan untuk mengetahui apakah koneksi antara PC yang telah dikonfigurasikan berhasil atau tidak
  • Tracert
Untuk mengetahui Ip public atau Ip DNS jaringan global dan mengetahui Ip-Ip Server jika jaringan berskala besar
  • Netstat
Untuk menampilkan koneksi jaringan TCP/IP yang sedang berlangsung dengan komputer lain dan proporties jaringan dan protokol secara detail
  •    ARP 
Untuk menampilkan Ip statik, table address resolution protokol dan lain lain
           Angry IP Scanner  adalah sebuah aplikasi scanner IP, Angry IP Scanner ini memiliki ukuran yang kecil, ringan dan dapat bekerja dengan cepat. Aplikasi ini menyajikan beberapa pilihan, seperti fitur untuk menangani host name dan mengecek port yang terbuka. Disamping itu, Angry IP Scanner juga memungkinkan kita untuk melakukan pemindaian pada computer yang mati.
Angry IP Scanner ini merupaka software gratis multi-platform yang bisa dijalankan di Windows, Mac dan juga Linux, Angry IP Scanner ini akan memindai IP pada jaringan anda serta dapat mengetahui nama wins, alamat MAC, nama computer, dan juga pengguna terakhir yang sign-in di computer tersebut. Freeware ini bisa bekerja dengan kecepatan yang sangat tinggi karena Angry IP Scanner menggunakan thread yang terpisah untuk setiap alamat yang dipindai.
Angry IP Scanner memiliki banyak fitur, antara lain adalah:
  • Full detail scanning (IP, hostname / NS, TTL, netbios info).
  • Kolom scanning bisa dikonfigurasi.
  • Pemindaian multi port.
  • Bisa memilih metode ping.
  • Ekspor hasil scanning.
Sharing adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk membagi suatu file, perangkat dan koneksi internet untuk digunakan secara bersama-sama dengan tujuan untuk menghemat biaya dan perangkat. Sharing dapat dilakukan terhadap File Dokumen/Software dalam drive atau folder,atau dalam CD-Rom, sharing perangkat: Printer dan CD-Room dan sharing jaringan koneksi internet.
Untuk Melakukan Sharing ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:
1.      Jaringan sudah tekoneksi dengan baik
2.      Protokol sharing file dan printer sudah terinstall
3.      Setting Sharing dengan dengan benar.
                        Ada beberapa Sharing yang sering di jumpai diantaranya:
1.      Sharing Data: Sharing File/Folder/Drive
2.      Sharing Perangkat: CD/DVD ROM dan Sharing Printer
3.      Sharing Internet/Sharing Koneksi Internet
FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
Cara kerja protokol FTP;
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.
  • Untuk langkah konfigurasinya silahkan di DOWNLOAD


2 komentar:

jaderaobier mengatakan...

Titanium Bmx Frame - T-Titanium Arts
The original, lightweight titanium frame, the ultralight model of titanium ore terraria the titanium wood stove T-Titan is an easy-to-use, titanium necklace versatile titanium body armor frame designed to deliver high-performance titanium gr 5 precision

Unknown mengatakan...

ij288 nobullskor,nobullshoesnorge,nobullzapatillasargentina,nobull trainers uk,nobull sale,nobull shoes australia,nobull store nz,nobull france,nobull crossfit xh676

Posting Komentar

My Followers

Search