"Karena buku dan kata-kata adalah jendela segala rasa"
“Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya”
"Perjalanan sejauh 1000 mil dimulai dengan 1 langkah"
 

REMOTE DEKSTOP

Senin, 18 November 2013


Pada kali ini kita membahas mengenai Remote Dekstop, meliputi :
a.       Radmin (Remote Admin)
b.      Team viewer
c.       Telnet
d.      Putty

Apa itu Remote Dekstop ?????
Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008, yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. Remote Desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP), dan secara default berjalan di TCP port 3389. Remote Desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP), dan secara default berjalan di TCP port 3389.
Remote Desktop Protocol (sering disingkat menjadi RDP) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Services dan Remote Desktop. RDP dibuat berdasarkan protokol T.120 yang spesifikasinya diumumkan oleh International Telecommunication Union (ITU), yang juga merupakan protokol yang digunakan di dalam perangkat lunak konferensi jarak jauh Microsoft NetMeeting. Klien-klien yang mendukungnya bervariasi, mulai dari sebagian besar sistem operasi Windows 32-bit (termasuk Windows CE dan PocketPC), hingga sistem operasi lainnya, seperti Linux, FreeBSD, UNIX Solaris, dan Apple Mac OS X. Secara default, server yang membuka protokol ini, akan membuka port TCP 3389.


Remote Administrator adalah sebuah software untuk dapat melihat dan mengontrol komputer orang lain dari komputer anda melalui jaringan lokal. Jadi dengan menggunakan Radmin ini kita dapat melakukan apapun terhadap komputer orang lain dalam jaringan, seperti merubah konfigurasi, merubah nama file, membuat file atau folder baru maupun untuk mematikan komputer lain tersebut dari komputer kita.Radmin ini support terhadap OS=9x/ME/NT4.0/2000/XP/2003.
Ada Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk remote, seperti:
1.  VNC (Virtual Network Computing) ,adalah semacam share desktop secara remote. Gampangnya, kita seolah-olah berada di depan komputer yang jaraknya cukup jauh dari kita.Penggunaan VNC sangat membantu pekerjaan seorang administrator jaringan yang membutuhkan suatu tool yang handal untuk dapat menjangkau seluruh komputer yang ada dalam jaringannya atau karena suatu sebab tidak dapat berada di depan komputer yang bersangkutan, sehingga perbedaan lokasi yang jauh tidak menjadi masalah untuk dapat melakukan pekerjaan sehari-harI.
2.   Anyplace Control , adalah sebuah aplikasi remote yang mempunyai fungsi tidak begitu berbeda dengan aplikasi remote yang lain (VNC), tapi aplikasi ini bisa melihat aktivitas yang dikerjakan oleh client tanpa diketahui si client (Mata - mata). fasilitas apliksi ini juga dapat mematikan atau merestart sebuah komputer client dengan tanpa dibatasi jarak dan waktu. Tapi fasilitas ini sering disalahgunakan oleh orang. Tujuan saya bukan untuk meyebarkan kejahatan melainkan untuk mengingatkan seluruh Penggila internet untuk waspada untuk pergi ke tempat penyewaan internet ( Warnet, warung Hotspot, dll).
3.    Lan Admin adalah semacam share desktop secara remote. Gampangnya, kita seolah-olah mengatur dan mengendalikan penuh kinerja PC yang kita sedang remote. Jadi berguna untuk mengetahui aktifitas - aktifitas yang dikerjakan client.
4.       Net Op School ,adalah sebuah program yang khusus di ciptakan untuk membantu dalam proses pembelajaran dan pengawasan penggunaan computer oleh siswa. NetOp School saat ini sudah dalam versi 5.0. terbagi menjadi dua yang pertama adalah NetOp School Teacher, yang di gunakan oleh guru,dan NetOp School Student yang di pasangkan di computer siswa atau student. Dengan software ini guru bisa memonitor seluruh tampilan layar siswa atau melihat program apa saja yang d jalankan oleh siswa dan sebaliknya, guru bisa menampilkan apa yang ada di monitornya supaya terlihat di computer siswa. Guru melalului NetOp Scool teacher bisa berkomunikasi secara tulisan maupun dengan video audio, selain itu guru bisa mengunci computer siswa bila siswa melakukan tindakan yang tidak berkenan. Dengan NetOp School guru juga bisa mematikan/menghidupkan computer siswa secara remote, membuat test/ujian online dengan mudah.
  • Kekurangan & Kelebihan Remote administration
1.      Bisa mematikan komputer yang dikehendaki oleh admin pada komputer
2.      Client (komputer client masih dalam keadaan hidup/aktif) 
3.      Semua komputer yang terinstal radmin bisa saling berbagi data tanpa
4.      Melakukan sharing manual
5.      Komputer admin bisa mengontrol komputer client 
6.      Remote administrator hanya bisa dilakukan pada satu jaringan (satu ring)
7.      Remote administrator tidak bisa melanggar prefeksi
8.   Kalau ip addressnya dari dhcp server remote administrator tidak bisa dijalankan karena remote administrator tidak bisa dijalankan kalau ada dhcp server 
9.    Remote administrator tidak bisa berjalan jika ipaddress berbeda(yang satu statis dan yang satunya lagi dinamis)

TeamViewer adalah suatu program yang cukup sederhana dan sangat mudah digunakan untuk beberapa keperluan terutama melakukan akses PC secara remote melalui internet.
Biasanya software ini digunakan untuk para pekerja di bagian IT ..
Yang sering saya gunakan hanya Remote Support (akses PC Klien melalui jalur internet), fitur/manfaat TeamViewer yang satu ini sangat membantu jika kita perlu mengakses PC yang jauh dari posisi kita sekarang, karena cukup terkoneksi internet dan mengetahui ID serta Password PC tersebut dalam hitungan detik kita sudah bisa akses PC itu secara remote seperti kita ada di depan PC tersebut secara langsung.
Teamviewer juga bisa untuk mentransfer data seseorang/sebaliknya , keunggulan lainnya software ini gratis  .
Syarat utama untuk dapat mengunakan TeamViewer adalah:
  • Install TeamViewer di kedua PC yang akan melakukan koneksi secara remote (versi sama)
  • Koneksi internet sudah tersambung
  • Masukan ID dan password PC yang akan di kendalikan. ID dan Password dapat menggunakan mode dynamic maupun ditentukan sendiri, tergantung kebutuhan Teamviewer.

Tampilan utama TeamViewer, jika sudah tampil (Ready to connect (secure connection)) maka anda siap melakukan koneksi ke PC lain, kemudian masukan ID PC Client jika koneksi berhasil maka akan muncul kotak "Password", isi password teamviewer PC yang akan anda remote. Jika berhasil maka akan tampil desktop PC yang diremote tersebut.
Jika anda ingin melakukan File Transfer, maka pilih "File Transfer" pada bagian pilihan yang terlihat dibawah kotak ID, kemudian klik "Connect to partner".

Telecomunication Network,   adalah merupakan sebuah protokol jaringan yang digunakan di internet atau jaringan lokal. Telnet pertama kali dikembangkan pada tahun 1969 yang kemudian distandarisasikan sebagai IETF STD 8 yang merupakan salah satu standar dari standar-standar pertama yang digunakan di internet.
Telnet menyediakan komunikasi dua arah berbasis teks atau terminal emulator antara client dan server. Dengan kata lain, Telnet memungkinkan kita untuk mengendalikan, memberi perintah, menjalankan perintah, merubah konfigurasi, meremote komputer lain (server) melalui komputer di depan meja kita sendiri (client).
Program Telnet biasanya digunakan untuk mengakses komputer berbasis Linux/Unix. Karena memang Linux/Unix banyak digunakan sebagai server. Namun saat ini Telnet sudah jarang digunakan karena memiliki celah atau lubang keamanan sebab komunikasi teks yang dilakukan tanpa enkripsi artinya bisa disadap oleh orang lain.
Untuk memulai sesi Telnet, biasanya Anda harus mengisikan username serta password yang valid sebagai verifikasi atau legalitas dari account yang Anda miliki. Dan account tersebut di dapat atau Anda buat sendiri jika Anda bertindak sebagai administrator dari sebuah jaringan.
Telnet berjalan dengan 2 software yang masing-masing software dipasang pada komputer server (Telnet Server) dan pada komputer client (Telnet Client). Namun biasanya istilah Telnet sering digunakan untuk menunjuk software yang digunakan atau dipasang pada komputer client saja (Telnet Client).
Tugas dari Telnet Client adalah:
  •  Membuat koneksi network TCP (Transfer Control Protocol) dengan server.
  •  Menerima inputan dari user 
  • Menformat kembali inputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk format standard dan dikirim ke server. 
  • Menerima output dari server dalam format standard.
  • Mengubah format output tadi untuk ditampilkan pada layar.
  • Menginformasikan software jaringan bahwa komputer itu siap menerima koneksi. 
  • Menunggu permintaan dalam bentuk format standard. 
  • Melaksanakan permintaan tersebut. 
  • Mengirim kembali hasil ke client dalam bentuk format standard.
  • Menunggu permintaan selanjutnya..
 Putty adalah software remote console/ terminal yang digunakan untuk meremote komputer dengan terhubungnya menggunakan port ssh atau sebagainya.

Silahkan Download Software Teamviewer dan Radmin :)
Selanjutnya aplikasi untuk remote dekstop menggunakan Putty silahakan di DOWNLOAD .

Nah, untuk mengetahui langkah-langkah meremote PC atau Komputer kita, silahkan DOWNLOAD .                                                          

 *Good Luck Buddy*



0 komentar:

Posting Komentar

My Followers

Search